Tenaga didik Polbangtan Medan ikuti workshop peningkatan kompetensi

Tenaga didik Polbangtan Medan ikuti workshop peningkatan kompetensi

Kamis, 19 Desember 2019

Medan (ANTARA) - Tenaga didik Polbangtan Medan mengadakan Workshop untuk meningkatkan kompetensi pada bidang penelitian.

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini yang menghubungi, Rabu (18/12) mengatakan, tenaga didik yang mengikuti kegiatan ini para dosen, asisten dosen dan PLP.

Digelarnya acara ini karena Polbangtan Medan menyadari bahwa tenaga didik merupakan komponen yang esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab dosen sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran; penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat dibutuhkan kepakaran dosen yang profesional.

Acara ini sendiri terselenggara atas kerjasama Polbangtan Medan dengan Kementerian Ristekdikti (Direktorat Fasilitasi Jurnal Ilmiah) dengan jumlah peserta 25 orang.

Dia mengatakan banyak dosen yang terlena karena fokus pada pengajaran di kelas sehingga ilmunya tidak terbarukan. "Itu sebabnya saya  mengajak semua peserta untuk aktif dalam workshop ini sehingga hasil penelitiannya kelak bisa dipublikasikan hingga ke jurnal internasional,” pesannya.

Dr.Lukman, ST, M.Hum sebagai narasumber pada workshop ini menyampaikan agar seluruh tenaga pendidik di Polbangtan Medan saling gotong-royong melengkapi Jurnal Ekstensia.

"Harapan kita setelah workshop ini dosen dapat membagi ilmunya kepada mahasiswa Polbangtan Medan," ujarnya sembari meminta tenaga pendidik Polbangtan Medan harus segera mempublikasi jurnal terutama jurnal internasionalnya.

Menurutnya indikator utama  riset terpenting adalah publikasi dan kekayaan intelektual (paten, hak cipta). Lukman juga berbagi aplikasi, trik dan tips kepada seluruh peserta agar dapat mendukung jurnal tenaga pendidikan Polbangtan Medan  kedepannya.