Selamat Datang di Website Polbangtan Medan | Polbangtan Medan Peduli : Info Khusus Covid-19 dapat dilihat dibawah! | Pengumuman seputar Polbangtan Medan " Pengumuman Lulus Cadangan II Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Tahun Akademik 2020/2021." dapat dilihat pada rubrik Pengumuman Polbangtan Medan dibawah ! | Berita seputar Polbangtan Medan "Polbangtan Medan ikuti peringatan Hari Pahlawan Nasional secara daring dengan jajaran Kementan" dapat dilihat pada rubrik Seputar Polbangtan Medan di bawah!

Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan


Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, lulusan yang di hasilkan: Asisten Kebun


I.             VISI DAN MISI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN (TPTP)

 

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan adalah perguruan tinggi kedinasan milik Kementerian Pertanian. Dalam pelaksanaannya berada dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian. Dalam penyelenggaraan program D-IV memiliki tujuan menyiapkan dan memenuhi kebutuhan tenaga penyuluh bidang pertanian berkelanjutan, perkebunan presisi dan asisten kebun untuk menunjang pembangunan pertanian. Pendidikan vokasi adalah pendidikan diploma yang memiliki fokus untuk memberikan ketrampilan dan keahlian sehingga para peserta pendidikan ini mampu menjadi tenaga professional yang ahli di bidangnya. Pendidikan vokasi ini penting karena dapat mejembatani antara para lulusan dengan Industri. Selain itu, ilmu yang diberikan bersifat aplikatif, maka para lulusan pendidikan vokasi dirancang untuk siap bekerja.

Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan (TPTP) merupakan salah satu Program Studi yang ada di Polbangtan Medan dan pertama di Pulau Sumatera dan bahkan di Indonesia yang khusus membidangi teknologi produksi tanaman perkebunan. Prodi ini sebagai salah satu bagian di Jurusan Perkebunan sebagai unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan vokasi. Program studi ini dibentuk untuk menghasilkan lulusan sebagai asisten kebun dalam memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia di bidang perkebunan.

 

A.    Visi Program Studi


Visi Prodi TPTP adalah “Menjadi Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan yang unggul dalam menghasilkan SDM Perkebunan yang mandiri, profesional dan berdaya saing di ASEAN tahun 2033 untuk mendukung kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani”.


Kata “unggul” dimaksudkan bahwa dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi Polbangtan Medan selalu berorientasi pada pemenuhan kebutuhan stakeholder. Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas yang menjamin keberlanjutan dalam pemenuhan SDM perkebunan yang kompeten, mampu memenuhi sarana dan prasarana pendukung yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi, mampu menyediakan SDM yang berkualitas dan profesional dengan mengandalkan pelayanan prima dan keikhlasan bekerja, mampu menghasilkan penelitian/pengkajian terapan yang dapat membantu memecahkan permasalahan di masyarakat khususnya di bidang teknologi produksi tanaman perkebunan secara umum, mampu melaksanakan kerjasama dengan mitra-mitra baik di dalam maupun di luar negeri untuk pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Wujud dari kepercayaan tersebut menjadikan prodi TPTP yang unggul, unggul sebagai prodi dibawah Polbangtan Medan yang mencetak SDM Perkebunan, unggul dalam kegiatan penelitian/pengkajian dan unggul dalam pengabdian masyarakat.

 

B.    Misi Program studi


Misi Prodi TPTP adalah

  1. Menyelengggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat dan bersahaja.
  4. Menjalin kemitraan dan jejaring kerjasama pendidikan dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI)

 

C.    Tujuan Program studi

  1. Menghasilkan lulusan asisten kebun yang berdaya saing serta memenuhi standar kebutuhan kompetensi kerja bidang perkebunan.
  2. Menghasilkan penelitian terapan di bidang teknologi produksi perkebunan yang menambah khasanah keilmuan dan mampu terpublikasi dalam Jurnal Ilmiah Terakreditasi
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat dibidang teknologi produksi tanaman perkebunan
  4. Menghasilkan mahasiswa yang mempunyai nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat dan bersahaja.
  5. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam rangka mendukung pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan
  6. Menghasilkan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang berkualitas.

D.    Sasaran Program Studi


  1.  Peningkatan proses pembelajaran
  2. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia di program studi
  3. Peningkatan kegiatan penelitian dosen
  4. Peningkatan pengabdian masyarakat baik kuantitas maupun kualitas
  5. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan
  6. Peningkatan kondisi akademik yang kondusif
  7. Peningkatan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam pelaksanaan pembelajaran secara berkelanjutan
  8. Peningkatan kualitas dan kuantitas dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa

E.    Fungsi Program Studi


Dalam penyelenggaraan fungsinya, program studi TPTP :

  1. Melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan professional di bidang perkebunan khususnya Asisten Kebun,
  2. Melaksanakan penelitian terapan teknologi perkebunan,
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika dan hubungannya dengan lingkungan,
  5. Melaksanakan admistrasi umum, akademik dan kemahasiswaan.

 Profil Lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi sebagai Asisten Kebun yang kompeten, mandiri, dan Profesional. Asisten Kebun adalah pembantu manager yang bertanggung jawab terhadap unit kebun (afdeling) dengan wilayah kerja 300-600 ha.Untuk mewujudkan profil tersebut maka proses pendidikan yang dilaksanakan di Polbangtan Medan menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

 

Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan dalam mendukung proses pembelajaran berbasis kompetensi mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan proses pembelajaran secara nyata yang diplotkan dalam suatu bentuk unit pembelajaran Teaching Factory/Teaching FarmTeaching Factory/Teaching Farm ini merupakan tempat pembelajaran yang mengkondisikan tempat praktik mahasiswa seperti di tempat kerja yang sesungguhnya. Dalam model pembelajaran ini mahasiswa belajar secara nyata untuk menjadi asisten kebun yang handal dan profesional sebelum diterjunkan langsung ke dunia usaha dan dunia industri.  Selain ketrampilan teknis, Prodi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan (TPTP) menyiapkan lulusannya dengan kemampuan wirausaha dan manajerial yang mampu secara mandiri mengelola perkebunan sesuai dengan profil yang telah ditetapkan.

Dalam model pembelajaran Prodi TPTP, peserta didik akan diarahkan ke arah disiplin ilmu terapan, yang mengedepankan nilai-nilai kompetensi dan profesionalisme. Pelaksanaan kegiatannya melibatkan dosen, mahasiswa, dan stakeholder.

 

PENGELOLAAN TEACHING FACTORY PRODI TPTP

 

Untuk menjadi seorang Asisten Kebun mahasiswa Prodi TPTP harus memiliki Tujuh (7) Kompetensi pendukung yang terdiri dari :

1.    Pembentukan karakter

2.    Persiapan lahan

3.    Teknologi Produksi Kopi

4.    Tek. Produksi kelapa sawit

5.    Tek. Produksi kakao dan karet

6.    Tek. Produksi Tebu

7.    Manajemen Kebun