UKM Multimedia-Mekominfo Polbangtan Medan kolaborasi workshop buat CV

UKM Multimedia-Mekominfo Polbangtan Medan kolaborasi workshop buat CV

Selasa, 16 February 2021

Medan (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Multimedia dan Mekominfo Polbangtan Medan berkolaborasi mengadakan workshop untuk membuat design Curriculum Vitae (CV).

"Workshop ini sendiri diinisiatori mahasiswa kita, Januari Surya. Pelaksanaannya Sabtu, (13/2)," kata Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, di Medan, Selasa (16/2).

Tujuannya peningkatan kemampuan mahasiswa Polbangtan Indonesia dalam menyampaikan Selft Branding berbasis IT Sesuai tema" Design curriculum vitae yang benar dan menarik.

"Kegiatan secara virtual ini diikuti 34 mahasiswa Polbangtan seluruh Indonesia. Narasumbernya design grafis, Ahmad Muzakki mahasiswa UMJ jurusan komunikasi yang bekerja di PT Jogya Sumber Sejahtera," jelasnya. 

Curriculum Vitae merupakan dokumen isian data diri yang patut diketahui oleh orang dituju guna melamar kerja. Self branding diperlukan dalam pembuatan CV untuk meningkatkan nilai kompetensi diri dimata perusahaan yang dituju. 

"Karenanya workshop ini penting mengingat banyak mahasiswa belum bisa membuat CV yang baik. Seperti membuat HRD, penggunaan aplikasi adobe ilustrasi, photoshop dan coreldraw," katanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) juga kata Yuliana, pernah berpesan agar mahasiswa pertanian wajib memiliki kesiapan dan kesigapan dalam menghadapi tantangan. "Harus mampu memecahkan segala persoalan dengan cara-cara baru berbasis teknologi," kata Mentan.

Demikian Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof Dedi Nursyamsi, pun mengamini. Ia menegaskan, mahasiswa Polbangtan/PEPI sudah seharusnya menjadi motor penggerak transformasi pertanian tradisional Indonesia menuju modern, sesuai kodratnya sebagai generasi milenial.