Polbangtan Medan

Polbangtan Medan "workshop" perencanaan perkuliahan semester ganjil secara online

Senin, 28 September 2020

Medan (ANTARA) - Polbangtan Medan menggelar Workshop Perencanaan Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 secara Online menggunakan aplikasi Zoom dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, di Medan, Senin (28/9), mengatakan workshop ini berlangsung mulai tanggal 24-25 September 2020. Pesertanya berjumlah 66 orang.

Ia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap awal semester perkuliahan. 

Tujuannya, lanjutnya, untuk menyamakan presepsi dan tertib administrasi dalam pengumpulan RPS, SAP, pengajuan bahan praktek perkuliahan dan meningkatkan kompetensi Dosen dalam pembuatan bahan ajar digital dan pengunggahan video ke LMS dalam proses pembelajaran dan mampu berinovasi pada era normal baru yang pembelajarannya banyak dilakukan secara mobile.

“Di masa pamdemi ini, proses pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan secara langsung mengingat risiko COVID-19. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menerapkan metode Learning Management System (LMS)”, kata Yuliana.

Ia juga menyampaikan dalam materinya bahwa peningkatan pelayanan dan mutu pendidikan berbasis big data bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi mahasiswa, dosen dan stake holders, mempercepat dan mempermudah akses informasi data civitas akademika, meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan pemantauan pembinaan karakter mahasiswa.

"Big data di Polbangtan Medan disebut dengan Sistem Integrasi Data Polbangtan Medan atau disingkat dengan SIDAPOTAN. Aplikasi yang tergabung dalam SIDAPOTAN adalah SIAPDUDIK, LMS, Repository & Library Management System, E-Journal, Aplikasi Monitoring Bagian Umum, Aplikasi CDC & PWMP, Kerjasama Eksternal, dan Pembinaan Karakter Mahasiswa," jelasnya.

Selanjutnya, ada lagi pembahasan mengenai kiat praktis dalam menyiapkan bahan kuliah, hingga praktik pengelolaan perkuliahan daring dalam sebuah platform pembelajaran (learning managemen system) dan penggunaan Sistem Aplikasi Terpadu Pendidikan (SIAPDUDIK).