Polbangtan Medan pro aktif percepatan tanam program

Polbangtan Medan pro aktif percepatan tanam program "food estate" di Humbahas

Senin, 2 November 2020

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan lakukan pendampingan dalam percepatan tanam kegiatan program "food estate" di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

"Adapun pertanaman yang dikejar untuk tiga komoditi yaitu Bawang Merah, Bawang Putih, dan Kentang," kata Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, di Medan, Senin (2/11).

Saat ini mahasiswa dan alumni Polbangtan Medan dalam tahap memaksimalisasi pengelohan lahan seluas 215 dari 1000 Ha disiapkan bersama BPP Pollung, USU dan UNITA dengan melibatkan UPT Alsintan Humbahas.

"Dirjen Hortikultura, Kepala UPT Alsintan Humbahas, Kepala BPP Pollung, Kades Ria-ria dan 7 Kelompok Tani menaungi 169 petani Desa Ria-ria, pendamping, penyuluh pertanian dan mahasiswa mendukung penuh program "food estate" pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bahkan sudah pertemuan di SD Desa Ria-ria, Humbahas," ungkapnya.

Dalam pertemuan (sosialisasi) dibahas, mengenai bantuan APBN untuk petani berupa paket lengkap pengelolaan sampai pasca panen. Seperti pemberian biaya pengolahan lahan, kompos, benih, biaya tenaga kerja sesuai SOP, mulsa, insektisida, POC, pupuk hayati cair dan pestisida bahkan tempat pasca panen.

"Selain itu bantuan alokasi dana untuk pembuatan jalan, pembuatan saluran irigasi untuk keperluan pertanaman serta penguatan sinyal untuk memudahkan akses," tambahnya.

Yuliana mengungkapkan, sebanyak 50 orang pendamping bergabung dari Polbangtan Medan, Mahasiswa Tapanuli Utara dan Alumni USU turut berkontribusi menyukseskan Kunjungan Kerja Jokowi di lahan lumbung pangan baru (food estate) yang juga disaksikan langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersebut.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi saat pertemuan dengan Kapusdik, Kapusluh, Tim dan jajarannya, beserta Tim Polbangtan Medan serta seluruh yang terlibat menysukseskan program "food estate" mengungkapkan bahwa "Sumber Emas ada di Kabupaten Humbahas".

"Food Estate merupakan lumbung emas Humbahas, karena dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Korporasi penumbuhannya tidak lepas salahsatunya peran Polbangtan Medan, merupakan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan petani," kata Dedi Nursyamsi ditirukan Yuliana.