POLBANGTAN MEDAN GENJOT LULUSANNYA MEMILIKI KARAKTER YANG TANGGUH

POLBANGTAN MEDAN GENJOT LULUSANNYA MEMILIKI KARAKTER YANG TANGGUH

Minggu, 29 November 2020

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan terus berupaya menjadikan lulusannya menjadi calon petani millenial yang memiliki karakter tangguh.
"Selain job seeker dan job creator, kita secara all out berupaya hasilkan calon petani millenial dengan karakter tangguh," kata Direktur 
Polbangtan Medan di Medan, Minggu (29/11).
Menurut Yuliana, mahasiswa (lulusan) yang memiliki katakter tangguh diyakini mampu untuk memberikan problem solving di masyarakat. 
"Apalagi saat ini, perusahaan juga butuh profil lulusan yang tidak saja menguasai pengetahuan akademik, tetapi tak kalah pentingnya memiliki kemampuan soft skillss," terangnya. 
"Tujuan semua ini untuk mewujudkan visi Polbangtan Medan yaitu unggul dalam menyiapkan SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing," tegasnya. 
Dengan demikian lanjutnya, diperlukan kombinasi antara SDM yang memiliki karakter tangguh dengan dibarengi penguasaan terhadap teknologi yang terus menerus mengalami kemajuan.
"Seperti terobosan baru yang kita buat yakni Kurikulum Pembinaan Karakter melalui aplikasi e-Binatamil yang nantinya digunakan untuk melakulan evaluasi _soft skills_ mahasiswa Polbangtan Medan," jelasnya. 
Penekanan ini juga, kata Yuliana, yang ia utarakan pada saat melangsungkan prosesi wisuda 154 Mahasiswa Polbangtan Medan pada Jumat (27/11) secara virtual yang disaksikan Kepala BPPSDM Pertanian Dedi Nursyamsi, Pusat Pendidikan Pertanian, dan stakeholders lainnya. 
Termasuk, kata dia, disaksikan Bupati Kabupaten Mentawai, Pemda Kabupaten Bener Meriah, Bupati Kabupaten Bengkayang, Ka.UPT lingkup Kementan, Dekan fakultas Pertanian Universitas mitra, Perusahaan mitra serta orang tua para wisudawan.