Polbangtan Medan akan gelar Youth Agripreneur Festival

Polbangtan Medan akan gelar Youth Agripreneur Festival

Rabu, 20 November 2019

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan akan menggelar Youth Agripreneur Festival (YAF) pada 7 Desember 2019 di kampus Polbangtan Medan Jalan Binjai Km 10.

"Waktunya mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.15 WIB," ujar Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini yang menghubungi ANTARA, Selasa (19/11).

Tema kegiatan ini "Menuju Agrosociopreneur Sukses di Era 4.0." Tujuannya, untuk memfasilitasi para pengusaha muda pertanian yang tergabung dalam kelompok Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) wilayah koordinasi Polbangtan Medan.

Menurut Yuliana, kegiatan YAF ini membuka peluang jejaring usaha dan sarana promosi hasil inovasi kelompok PWMP. YAF dibuka untuk masyarakat umum, kelompok PWMP wilayah koordinasi Polbangtan Medan dan Kelompok PWMP Polbangtan serta SMK-PPN Se- Indonesia, dan stake holder.

"Youth Agrepreneur Festival  menyelenggarakan berbagai acara menarik seperti pemberian motivasi bagi Agripreneur muda oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi," katanya.

Rencananya akan hadir juga pembicara hebat pada talk show di antaranya Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti, Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas); Young Agripreneur (keberhasilan  Muda Coffee Indonesia & Tutu Coffee), Prestasi Tani Nusantara ( Arie Hendrawan ).

"Keempat pembicara akan berbagi mengenai pengalaman berwirausaha serta berbagai tips menangani permasalahan dalam kewirausahaan," ujarnya.

Selain itu, YAF juga menghadirkan bintang tamu Youtuber terkenal  Arif Muhammad biasa disapa Mak Beti.

"Tidak hanya itu, masih ada acara menarik lainnya mengisi kemeriahan YAF yaitu Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020, puncak kegiatan Cikarsivitas, pemberian hadiah  doorprize , hiburan musik dan tarian, pameran produk-produk Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), Lomba Stand terbaik, dan Vlog Competition Kelompok PWMP," imbuhnya.

Yuliana menyampaikan bahwa Young Agripreneur Festival adalah YAF pertama yang diselenggarakan oleh Polbangtan Medan. Dia berharap Kegiatan YAF ini berlangsung sukses nantinya.

Selain itu, melalui YAF ini  pengusaha-pengusaha muda pertanian semakin termotivasi dan sukses di Era 4.0.

“Tidak hanya itu, saya juga berharap produk-produk PWMP yang akan di pamerkan nantinya dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas bahkan mampu di ekspor ke manca Negara,” kata Yuliana.

Yuliana menyampaikan kepada seluruh panitia Young Agripreneur Festival agar tetap semangat sehingga  kegiatan yang dirancang dapat berjalan dengan baik.