Irjen Kementan kunjungi Polbangtan Medan

Irjen Kementan kunjungi Polbangtan Medan

Sabtu, 23 November 2019

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan kedatangan tamu Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Justan Riduan Siahaan, Jumat (22/11), disambut Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini.

Di Aula Polbangtan Medan Justan memberikan motivasi dan pembinaan bagi seluruh  pegawai dan dosen Polbangtan Medan sekaligus menyampaikan informasi penting terkait dengan program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  yaitu Komando Strategis  Pembangunan Pertanian (Konstratan).
Justan menyampaikan bagaimana cara membangun petani milenial agar maju, mandiri dan modern sesuai arahan Menteri Pertanian yaitu dengan cara menunda berprasangka buruk terhadap orang lain, cepat merespon, mendesain ulang kebijakan yang ada, mengubah sudut pandang  untuk mendapatkan hal-hal yang berguna.

“Jangan lagi ada diantara kita tidak siap untuk perubahan yang terjadi setiap saat,” tegasnya kepada seluruh pegawai Polbangtan Medan.

Dia juga menegaskan agar pegawai dapat membuka pikiran, hati dan membuka kemauan dalam bekerja. Tidak hanya itu, Justan meminta seluruh pegawai bekerja dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencari kebenaran terlebih dahulu, memiliki kemauan mencari dan melakukan hal yang benar serta meningkatkan kreatifitasnya.

Selanjutnya dia meminta seluruh pegawai agar membuat target kerja terlebih dahulu.

Target kerja boleh didapat melalui dua sumber yaitu berdasarkan pengalaman dimasa lalu dan masa depan yang akan dihadapi.

Seluruh penjelasan yang disampaikan tidak terlepas dari Theory U (Otto Scharmer). Theory U itu dapat diringkas menjadi tiga kalimat yaitu pertama You cannot understand a system unless you change it (Kurt Lewin).

Kedua You cannot understand a system unless you transform consciousnes, dan ketiga You cannot transform consciousness unless you make a system.

Justan juga menyampaikan sekilas Informasi tentang program Konstratani, lumbung pangan dunia 2045, dan peran strategis penyuluh Kementan.

Menariknya, di akhir acara Justan menampilkan video lagu ciptaannya yang berjudul "Aku cinta pertanian" dimana dalam video Justan bersama murid-murid SD bernyanyi bersama.

Dengan lagu ciptaannya Justan mengajak seluruh anak-anak sekolah dasar mulai ikut mencintai pertanian sejak dini. Diakhir acara, Yuliana menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Irjen Pertanian ke Polbangtan Medan.