Ribuan peserta terlibat gebyar pramuka di Polbangtan Medan

Ribuan peserta terlibat gebyar pramuka di Polbangtan Medan

Senin, 2 Desember 2019

Medan (ANTARA) - Sebanyak 1.046 orange (siaga, penggalang, dan penegak/pandega) asal dari Gugus Depan Kota Medan Dan Kabupaten Deli Serdang terlibat gebyar Parmuka tahun 2019 yang digelar Polbangtan Medan, Minggu (1/12).

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini yang menghubungi, Minggu, mengatakan, gebyar pramuka tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa persaudaraan antar sesama.

"Selain itu meningkatkan mental spritual dan sportifitas pramuka khususnya dijajaran Kwartir Cabang Deli Serdang yang kedepannya akan mengembangkan satuan karya (Saka) Taruna Bumi dibawah Kwarcab Deli Serdang sejalan program pramuka di Kementerian Pertanian," ujarnya.

Acara diisi bersifat lomba yang menarik menantang serta mengandung pendidikan moral sesuai Iptek yang disesuaikan dengan tema kegiatan:“Tingkatkan Sprotifitas dan Persaudaraan Pramuka Millenial Dalam Menyongsong Masa Depan".

Lomba dibagi kepada tiga kelompok yakni pramuka siaga, penggalang dan penegak/pandega dengan mata lomba mewarnai estafet, pingwin dance, pionering, kemampuan baris-berbaris, paduan suara dan memasak yang dinilai oleh juri dibidang nya.

Direktur Polbangtan Yuliana dalam amanatnya lebih menekankan pada pentingnya pertanian kedepan terlebih kepada para pramuka sebagai generasi muda milenial yang memiliki motto:"Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan."

"Petani milenial dicirikan dengan kemampuan melakukan pembangunan pertanian memanfaatkan teknologi  informasi sebagai ciri era millenial 4.0," tegasnya sembari mengimbau seluruh pramuka agar tetap menjunjung tinggi nilai kebersamaan, gotong royong dan  jiwa sportifitas.

Usai pelepasan balon keudara oleh direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini tanda dibukanya kegiatan seluruh peserta kemudian disuguhkan video tentang budi daya tanaman singkong  mulai dari tanam hingga siap dikonsumsi dengan penjelasan teknis budidaya oleh mahasiswa dilanjutkan acara menanam di lahan secara massal.

Disampaikan juga bahwasanya pengumuman sekaligus penyerahan hadiah pemenang lomba akan dilakukan bersamaan pada kegiatan "Youth Agripreneur Festival 2019" Polbangtan Medan  pada 7 Desember 2019 mendatang.