Polbangtan Medan selesai ikuti pelatihan Wirabangsa 2020

Polbangtan Medan selesai ikuti pelatihan Wirabangsa 2020

Selasa, 10 November 2020

Medan (ANTARA) - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan baru saja selesai mengikuti pelatihan Wirabangsa 2020 di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan, Selasa (10/11), menjelaskan, pelatihan Wirabangsa 2020 ini untuk menggali sekaligus mengembangkan potensi para pemuda Indonesia.

"Pemuda memiliki peran strategis dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Potensi dan kapasitas yang dimiliki oleh para pemuda akan menjadi kompas dan penunjuk arah kemana bangsa itu akan bergerak," tegasnya.

Pelatihan ini sendiri digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Institute Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).

Untuk Sumatera Utara sendiri mendelegasikan lima orang untuk mengikuti pelatihan Wirabangsa 2020 ini. Dari lima delegasi tiga orang diantaranya dua mahasiswa aktif dan satu alumni Polbangtan Medan.

"Mahasiswa yang aktif yakni Yan Patar Pandiangan Mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Semester VII, dan Ningsih Muthmainnah Semester VIII, dan Misba Febrina Harahap alumni Polbangtan Medan 2018," jelasnya.

Pelatihan Wirabangsa ini menurut mahsiswa peserta pelatihan, kata Yuliana, untuk mengarahkan pola pikir pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi wirausahawan sosial yang berkesadaran jiwa, memiliki karakter dan integritas, serta membantu masyarakat.

"Pelatihannya dilaksanakan selama 22 hari sejak 17 Oktober – 8 November 2020, dan seluruh biaya pelatihan ditanggung oleh negara melalui Kemenko PMK. Jumlah pesertanya yang lolos dari 34 Provinsi di Indonesia berjumlah 75 orang," tambahnya.

Yuliana berharap, kiranya seluruh peserta pelatihan Wirabangsa khususnya peserta Polbangtan Medan dapat mengaplikasikan ilmunya kepada lingkungan serta bermanfaat kepada orang lain disamping diri sendiri.