Polbangtan Medan gelar FGD Prodi Agroindustri Kopi D-IV

Polbangtan Medan gelar FGD Prodi Agroindustri Kopi D-IV

Minggu, 29 Desember 2019

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan menggelar Forum Group Diskusi (FGD) pembukaan Program Studi (Prodi) Agroindustri Kopi D IV.

Direktur Polbangtan Medan Ir.Yuliana Kansrini, M.Si yang menghubungi Sabtu (28/12) mengatakan FGD ini untuk menggali lebih jauh dan lebih dalam tentang dunia perkopian.

"Kita ingin menggali informasi dari pihak berkompeten yang ahli di bidang kopi baik dari kalangan dunia industri, pendidikan maupun petani yang bergerak di bidang budidaya kopi," jelasnya.

FGD bertemakan "Inisiasi Kurikulum Dalam Mendukung Pembukaan Prodi Agroindustri Kopi D IV di Polbangtan Medan" ini sendiri sudah dilaksanakan mulai 21 hingga 22 Desember 2019 di Hotel Santika Diandra Convention Center, Medan yang dibuka oleh Nurliana Harahap SP, M.Si selaku Wakil Direktur I Polbangtan Medan.

"Seluruh informasi hasil kesimpulan dari FGD nantinya akan menjadi acuan dalam menghadapi tantangan dan isu strategis tentang kopi mulai dari hulu hingga hilir, seperti mulai budidaya hingga pemasaran kopi," katanya.

Narasumber yang dihadirkan di acara ini Prof. Alnovri yang dikenal sebagai Prof. Kopi berasal dari Provinsi Bengkulu yang juga Rektor Universitas Pat Petulai Rejang Lebong, Bengkulu.

Kemudian narasumber lainnya M.Tohir berasal dari Polliteknik Negeri Lampung, dan Dr. Ir. Surip Mawardi selaku manajer Starbuck Center Indonesia yang banyak memberikan informasi terkait dengan agroindustri kopi dan sharing tentang cara pembukaan Program Studi Agroindustri Kopi.

Acara ini juga dihadiri stakeholder antaralain para eksportir kopi, dinas perkebunan, balai besar karantina pertanian, pelaku usaha kopi juga perguruan tinggi lainnya.