Mahasiswa Polbangtan Medan panen raya padi di Namorambe

Mahasiswa Polbangtan Medan panen raya padi di Namorambe

Jumat, 3 Juli 2020

Tapanuli Selatan (ANTARA) - Mahasiswa Polbangtan Medan, Abdi Parasian Simamora turut ikut panen raya bersama petani di Desa Namorambe, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang.

"Pendampingan petani merupakan bagian dari kegiatan akademik mahasiswa," jelas Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan, Jumat (3/7).

Polbangtan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi dimasa COVID-19 harus konsisten dalam peningkatan ketahanan pangan nasional.

Abdi mengatakan varietas padi yang di panen Inpari 32 dan Sidenuk dari atas luas lahan 0,4 hektare (4 ribu m2). Produktifitasnya 3,2 ton gabah padi dengan label putih, benihnya dapat ditanami kembali oleh petani.

Menurut Yuliana ada enam orang mahasiswanya termasuk Abdi yang sudah berbulan melakukan pendampingan kelompok tani Desa Namorambe yang diketuai Josep.

Abdi cs juga mengaku merasa senang bisa belajar banyak dari petani selama pendampingan sekaligus dalam menjaga ketahanan pangan di situasi pandemi COVID-19 ini.